Translate For Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
DomaiNesia


close

Tuesday, February 12, 2013

Tutorial / Belajar Pemrograman HP dengan Java J2ME

Yap dengan bahasa pemrograman ini kita bisa berkreasi membuat aplikasi HP karya kita sendiri.mulai dari yang sedehana dengan membuat kalkulator sederhana di HP sampai aplikasi bluetooth, web ponsel alias WAP, ataupun game.

JAVA dibagi dalam tiga kategori besar. Yaitu J2EE(Java Enterprise Edition) digunakan untuk pemrograman aplikasi PC. Lalu JSP(Java Servlet Package) untuk mereka yang ingin bergelut di dunia web. Dan ada J2ME(Java Micro Edition) digunakan untuk pemrograman HP.
Sebenarnya dari ketiga kategori diatas J2ME merupakan bahasa yang paling sederhana.Meskipun bukan yang paling gampang untuk dipelajari. Tetapi itulah tantangannya. Aku masih ingat perkataan Pengajar JAVA ku. Bahwa jangan seklipun mengatakan bahawa belajar Java itu sulit, tapi katakan belajar JAVA itu asyik :D.

Untuk belajar Java minimal diperlukan tiga hal. Pertama Tools untuk menjadikan file yang diinstal di HP dari kode kode program yang kita tulis, bahsa kerennya kompiler. Kedua panduan belajar J2ME, bisa cari di toko buku atau download ebooknya. Yang ketiga dan yang paling penting adalah keinginan yang kuat dan motivasi untuk pantang menyerah. Percayalah kamu tidak akan gagal selama kamu berusah untuk mencoba dan mencoba lagi.

Pertama Tool. Ada 2 tool yang bisa digunakan. Yaitu Sun JWT(Java Wireless Toolkit) dan NetBeans. JWT dapat didownload di http://java.sun.com/products/sjwtoolkit/download-2_2.html. Berikut kebutuhan minimal kebutuhan komputer yang digunakan

  • 50 MB hard disk space
  • 128 MB system RAM
  • 800 MHz Pentium III CPU

Netbeans dapat didownload di http://bits.netbeans.org/netbeans/6.1/m1/latest/.Kebutuhan minimal komputer yang digunakan
  • Processor: 800MHz Intel Pentium III atau setara itu
  • Memory: 512 MB
  • Disk space: 750 MB

Tetapi untuk kenyaman menggunakan NetBeans 6.1 disarankan komputernya
  • Processor: 2.6 GHz Intel Pentium IV atau setara itu
  • Memory: 1 GB
  • Disk space: 1 GB

Dalam tutorial selanjutnya tool saya gunakan adalah NetBeans versi 6.1

Kedua Panduan. Anda bisa mengikuti pelatihan Java, berguru langsung pada yang sudah tahu lebih dulu tentang J2ME, atau belajar dari buku.Sayangnya buku buku berbahasa Indonesia masih sedikit yang mengulas tentang J2ME dan menggunakan NetBeans sebagai tool pemrogramannya. Saya sendiri malah belum menemukan sama sekali :D. Jika ingin berburu e-book di internet saya sarankan untuk mencari buku berjudul Beginning J2ME From Novice to Professional, Third Edition kaangan Sing Li dan Jonathan Knudsen.

Untuk bagian yang ketiga tidak akan dibahas karena sumbernya berasal dari diri kita masing masing tidak bisa dicopy ataupun didownload .Hanya kita sendiri yang bisa menemukannya.Yang penting tetapkan tujuan anda belajar Java dan pegang teguhlah, ingat setiap hari. Dan jangan pernah menyerah sebelum tujuan itu tercapai.

Sekian dulu dari saya silahkan dipersiapkan dulu ketiga hal tadi.Anda bisa mengcopy tool tool ataupun ebook yang saya sebutkan diatas dengan bebas karena memang free jadi tidak melanggar HAKI.Tetap semangat, tebarkan salam damai pada dunia.Dan tunggu tutorial selanjutnya mengenal Netbeans 6.1

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment